Bagaimana umroh dan haji?

Bagaimana umroh dan haji?

Umroh adalah salah satu kegiatan umat Islam yang hampir mirip dengan ibadah haji. Ibadah umroh, dilakukan dan dilaksanakan di tanah suci mekkah. Khususnya di Masjidil Haram.

Pada istilah teknis syari’ah, Umrah berarti melaksanakan tawaf di Ka’bah dan Sa’i, dimana hal ini antara Shofah dan Marwah setelah memakai Ihram yang diambil dari miqat.

Umroh sering disebut pula dengan haji kecil. Perbedaan antara umroh dan haji, ialah waktu. Dalam hal ini, umroh dapat dilakukan dan dilaksanakan sewaktu-waktu. Artinya setiap hari, setiap bulan ataupun setiap tahun di kota mekkah. Sedangkan haji, dilaksanakan pada kurun waktu 1 tahun sekali.

Terkait syarat untuk melaksanakan ibadah umroh dan haji adalah sama, yaitu :
1. Beragama Islam.
2. Baligh dan berakal.
3. Merdeka (Bebas dari keterbelengguan perbudakan).
4. Memiliki kemampuan pendanaan, jasmani dan rohani.
5. dsb.

Bagaimana umroh dan haji?

Apa dalil dalam pelaksanaan umroh?
Para ulama bersepakat dalam hal ini. Umroh adalah ibadah yang hukumnya adalah fardhu, seperti halnya haji.
Dalam Q.S Al Baqarah (2: 196) :

… وَأَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلَّهِ

artinya : “Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah…”

Dari ayat tersebut kita tauh, bahwa ibadah haji dan umroh merupakan suatu keharusan bagi umat Islam, dengan catatan bagi ia yang mampu.

Rasulullah pun menganjurkan perempuan untuk ikut berjihad sebagaimana laki-laki, hanya caranya saja yang berbeda, yakni dengan melakukan ibadah umrah. Hal ini sudah diterangkan dalam hadis Nabi dari ‘Aisyah RA yang berbunyi,
“Pernah aku bertanya, ‘Ya Rasul Allah, apakah kaum wanita wajib melakukan perjuangan?’ ‘Ya,’ jawab Rasul, ‘perjuangan tanpa perang, yaitu melakukan haji dan umrah.”

Bukan hanya itu, Allah menyerukan pada tiap hambannya untuk menunaikan ibadah haji dan umroh, yang termatuk di Q.S Al Baqarah (2: 158) :
إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ ۖ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا ۚ وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ

Artinya : “Sesungguhnya Safa dan Marwah merupakan sebagian syiar (agama) Allah. Maka barang siapa beribadah haji ke Baitullah atau berumrah, tidak ada dosa baginya mengerjakan sa’i antara keduanya. Dan barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui”.

Demikianlah dalil-dalil yang menyerukan umat Muslim untuk menunaikan ibadah haji dan umroh. Semoga kita (umat Islam), diberi kesempatan untuk menjadi tamu Allah azza wa jallah di Baitullah. Aamiin ya Rabb.

Biro Perjalanan Umroh PT. Relasi Laksana Wisata

Alamat Kantor Cabang Jember
Jalan Doho (Doho Cluster 88 Kav. 02)
Jember - Jawa Timur 68122 / peta alamat


Phone 0813-3413-8101
Email info@umrohmu.net

Copyright © 2018 – UmrohMU team
Media Travel Umroh & Haji Plus
Sitemap | Agen Travel Umroh | RSS